RASAKAN SENSASI BELAJAR DENGAN VR DI SMAN 1 TERBANGGI BESAR
Teknologi Virtual Reality (VR) merupakan suatu cara dengan cara melakukan pemunculan sebuah gambar-gambar pembelajaran dalam bentuk media tiga dimensi atau yang biasanya lebih dikenal dengan sebutan 3D , yang dimana proses ini dibuat melalui bantuan komponen komputer sehingga hasilnya akan terlihat lebih nyata . Dimana hal ini akan menjadikan pengalaman baru bagi peserta didik di sekolah, seolah - olah mereka akan merasa melihat secara langsung dan secara fisik dalam lingkungan yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan adanya teknologi ini diharapkan konsep berinteraksi dalam proses pembelajaran akan menjadi lebih mudah, seiring maraknya penggunaan smartphone di sekolah maka pembelajaran dengan VR adalah upaya pengalihan penggunaan smartphone bagi peserta didik.
Berdasarkan observasi yang dilakukan pembelajaran menggunakan VR memancing kreativitas dan imajinasi peserta didik terhadap pelajaran, mereka merasakan sensasi baru yang tidak pernah mereka rasakan.
pada hakikatnya dengan dilahirkannya teknologi Virtual Reality (VR) ini sangatlah membantu untuk merasakan berada di tempat dengan sensasi seperti nyata dengan tampilan secara keseluruhan dan memudahkan dalam mengetahui berbagai macam objek apa saja yang ada secara jelas dan nyata. Serta berbagi informasi yang disajikan melalui tampilan Virual Reality (VR) juga akan akan lebih interaktif bagi peserta didik dibandingkan dengan teknologi yang lain. Fleksibilitas desain dunia maya pada konten Virual Reality (VR) menjadi nilai unggulan untuk diaplikasikan dalam dunia pendidikan. Berbagai bentuk seperti gedung, kelas, laboratorium, kantor dan lainnya dapat direalisasikan dalam bentuk Virual Reality (VR). Hal ini tentu bertujuan untuk menarik minat para pelajar dan merasakan suasana seperti di kelas saat pembelajaran.
Pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) yang dapat diaplikasikan dalam dunia pendidikan tak hanya sebatas itu saja, jika kita mengulik lebih dalam banyak hal-hal yang dapat diinovasikan. Bentuk manusia ataupun karakter masing masing pelajar ketika memasuki meeting room pun dapat dibuat sehingga setiap pelajar memiliki karakter fisik masing-masing. Pembelajaran tetap memperhatikan aspek Pendidikan nilai moral (Saputro, Pitoewas, Adha, 2013). Selain itu, proses belajarmengajar secara online seringkali menggunakan powerpoint, word, dan pdf sebagai media pembelajaran, pada dunia Virual Reality (VR) media tesebut juga dapat diintegrasikan ke dalamnya. Pengintegrasian ini tentunya menambah efek visualisasi dalam sistem pebelajaran secara online. Fitur lainnya yang dapat diaplikasikan kedalam dunia Virual Reality (VR) adalah hologram. Tampilan hologram merupakan sebuah teknologi yang memanfaatkan perbedaan sudut pandang cahaya koheren, dimana objek yang kita lihat seakan-akan menjadi nyata berbentuk tiga dimensi (3D). Pada saat ini pengembangan dan penerapan media pembelajaran berbasis teknologi informasi sangat banyak. Khususnya dari aspek teknologi agar dapat diusulkan guna dijadikan alasan pendukung para pendidik untuk melakukan kegiatan pembelajaran berbasisis teknologi informasi seperti Virtual Realiti (VR).
Dalam hal ini penulis sebagai salah seorang pengajar di SMAN 1 TERBANGGI BESAR mencoba menawarkan sensasi pembelajaran berbasis tekhnologi VR, dimana objek – objek matematika dimasukkan dalam dunia Virtual, berdasarkan observasi yang dilakukan terhadap 3 kelas yang belajar menggunakan VR, para peserta didik terlihat lebih antusias, kreativ dan bersemangat dalam belajar, bahkan mereka mengatakan belajar serasa bermain game.
Dan matematika lebih menantang karena mereka harus mencari dan bereksplorasi dalam belajar. Objek yang ditampilkan pun terasa lebih nyata, dalam hal ini SMAN 1 Terbanggi Besar merupakan sekolah pioneer dalam penggunaan tekhnologi VR di kabupaten Lampung Tengah, semoga dengan ini dapat memotivasi dan memancing sekolah lain agar tertarik dan mencoba menerapkan pembelajaran berbasis tehknologi VR.
Selain itu menurut hasil riset yang dilakukan oleh Lee and Fung (2010), mengenai investigasi perihal efektivitas penggunaan Virtual Reality (VR) sebagai media pembelajaran guna mendukung peningkatan hasil belajar siswa menunjukkan hasil akhir bahwasanya dengan menggunakan media Virtual Reality (VR), ini akan memberikan sumbangsih penting serta dampak yang sangat positif dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa dalam proses kegiatan pembelajaran peserta didik. Melalui strategi pembelajaran dengan menggunkan media Virtual Reality (VR) diharapkan dapat menjadi sebuah solusi dan juga jawaban dari permasalahan proses pembelajaran saat ini agar terus dapat menciptakan sebuah kegiatan belajar mengajar mengedepankan aspek interaktif, aktif, serta efisiensi dapat tercapai yang di gadang-gadang selama ini dapat tercapai.
DAFTAR RUJUKAN
Abror, M., Susilana, R, dkk., 2018. Penggunaan Media Grazie Aerial Sky Virtual Reality Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Educational Technologia.
Lee, E.A.L, dkk. 2010. How Does Desktop Virtual Reality Enhance Learning Outcomes? A Structural Equation Modeling Approach. Journal Computers & Education.
Sari, R.M.M. and Priatna, N., 2020. Model-Model Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 Studi ; (E-Learning, M-Learning, AR-Learning dan VR Learning). Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.
Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Selamat dan Sukses SMAN 1 Terbanggi Besar ditetapkan sebagai Sekolah Unggul di Provinsi Lampung
Selamat dan sukses kepada SMAN 1 Terbanggi Besar atas penetapannya sebagai Sekolah Unggulan di Provinsi Lampung. Penghargaan ini menjadi bukti nyata atas dedikasi, kerja keras, dan sema
Pelaksanaan Hari Ketiga TKAS di SMAN 1 Terbanggi Besar Berjalan Lancar
Terbanggi Besar, 19 Maret 2025 – Pelaksanaan Tes Kompetensi Akademik Sekolah (TKAS) hari ketiga di SMAN 1 Terbanggi Besar berlangsung dengan lancar. Ujian yang dimulai sejak 17 Ma
Pelaksanaan Hari Kedua TKAS di SMAN 1 Terbanggi Besar Berjalan Lancar
Terbanggi Besar, 18 Maret 2025 – Pelaksanaan hari kedua Tes Kompetensi Akademik Sekolah (TKAS) bagi siswa kelas XII SMAN 1 Terbanggi Besar berlangsung dengan lancar. Ujian yang me
Pengumuman: Jadwal Pembelajaran dan Libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H
Halo, siswa-siswi sekalian! Berikut adalah informasi penting terkait jadwal pembelajaran dan libur Hari Raya Idul Fitri 1446 H: 1. Tes Kompetensi Akademik Sekolah &nbs
Hari Pertama TKAS di SMAN 1 Terbanggi Besar Berjalan Lancar dengan Sistem CBT
Terbanggi Besar, 17 Maret 2025 – Pelaksanaan Tes Kompetensi Akademik Sekolah (TKAS) bagi siswa kelas XII SMAN 1 Terbanggi Besar resmi dimulai hari ini. Ujian yang berlangsung dari
ASAS dan ATS Telah Selesai, Siswa Kelas XII SMAN 1 Terbanggi Besar Bersiap Hadapi TKAS
Terbanggi Besar, 15 Maret 2025 – Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) untuk kelas XII dan Asesmen Tengah Semester (ATS) untuk kelas X dan XI di SMAN 1 Terbanggi Besar
Hari Kelima ASAS dan ATS di SMAN 1 Terbanggi Besar Berjalan Lancar
Terbanggi Besar, 14 Maret 2025 – Pelaksanaan hari kelima Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) untuk kelas XII dan Asesmen Tengah Semester (ATS) untuk kelas X dan XI di SMAN 1 Ter
Hari Keempat ASAS dan ATS di SMAN 1 Terbanggi Besar Berjalan Lancar
Terbanggi Besar, 13 Maret 2025 – Pelaksanaan hari keempat Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) untuk kelas XII dan Asesmen Tengah Semester (ATS) untuk kelas X dan XI di SMAN 1 Te
Hari Ketiga ASAS dan ATS di SMAN 1 Terbanggi Besar Berjalan Lancar
Terbanggi Besar, 12 Maret 2025 – Pelaksanaan hari ketiga Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) untuk kelas XII dan Asesmen Tengah Semester (ATS) untuk kelas X dan XI di SMAN 1 Ter
Hari Kedua ASAS dan ATS di SMAN 1 Terbanggi Besar Berjalan Lancar
Terbanggi Besar, 11 Maret 2025– Pelaksanaan hari kedua Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) untuk kelas XII dan Asesmen Tengah Semester (ATS) untuk kelas X dan XI di SMAN 1 Terba